Relawan Arjawa Gelar Donor Darah, Terkumpul 17 Kantong

  • 10 April 2022 00:00 WITA


GIANYAR, balibanknews.com - Ketua DPD Perindo Kabupaten Gianyar, I Nyoman Arjawa,di dampingi I Ketut Citrawan yang juga selalu ketua DPC Perindo Kecamatan Blahbatuh menggelar donor darah, Minggu, 10/4/2022 di Warung Uma Batuh, Kecamatan Blahbatuh. Terkumpul 17 kantong darah.

Arjawa menyatakan acara itu dari DPC dan DPD Partai Perindo bersama Gerakan Tuli Bisu Cabang Gianyar dan Relawan Nyoman Arjawa, untuk membantu sesama. “Setahun ini kami siapkan 300 orang donor hidup. Suatu saat ketika diperlukan, siap,” ujar Arjawa.
Dalam membantu sesama, pihaknya tidak melihat warna, agama, partai maupun soroh. “Dengan membantu sesama, setetes darah menyambung dari mereka yang membutuhkan. Kami cenderung beryadnya, sama dengan membantu orang sakit,” jelasnya.
Ketika membantu dari sakit menjadi sehat, nilainya tidak ternilai. “Itu misi kami. Tidak harus orientasi kami pada suara. Tapi kami berbuat,” jelasnya.
Kata dia, donor darah terlihat santai. Namun berhasil mengumpulkan 17 kantong. 
Untuk menggugah pendonor agar bersedia donor, pihaknya menanamkan konsep peduli kasih. “Berikan pengertian, makna dan dampak donor darah bagi yang belum pernah donor, kasih pengertian,” jelasnya.

Pihaknya memberikan gambaran ketika sehat, salah satu keluarga, kerabat alami kecelakaan perlu darah, tidak akan bisa, karena panik. “Tapi kalau sudah rasakan donor, besoknya mental siap. Otomatis bisa donor lebih baik,” jelasnya.
Akhirnya mereka para pendonor mengerti. Disamping itu, apabila sekantong darah keluar, maka akan terjadi regenerasi sel, darah baru. “Bagi yang punya sakit tertentu, sakit menahun, otomatis menghilang karena sel darah baru,” ungkapnya.
Ke depannya, harus ditingkatkan. Sebagai mantan pengurus PMI 2013-2015, mengajak bergotong royong membantu sesama.
Yang bisu tuli bergabung disini, mereka bantu edukasi, tugas kami mengedukasi memfasilitasi. 
“Harapan kami, sadar bahwa donor darah penting. Pakai konsep Batara Surya, Batara Surya selalu menyinari semuanya,” ujarnya.


Ke depan, aksi serupa akan digelar aksi beberapa bulan lagi. Dia mengajak masyarakat yang ingin donor. “Kami inventaris, kami data. Ini misi kemanusiaan kami utamakan,” tutupnya. (Yess)


TAGS :

Komentar