Pengelukatan Beji Pura Samuan Tiga Bedulu Dipercaya Sembuhkan Penyakit Mata

  • 03 Februari 2022 00:00 WITA

Gianyar, BaliBanknews -
Pengelukatan Beji Pura Samuan Tiga Desa Bedulu dipercaya sembuhkan berbagai penyakit mata.

Prebekel Desa Bedulu, I Putu Ariawan, ketika di temui BaliBanknews pada Kamis,3/2/2022 di Desa Bedulu
mengungkapkan, di Beji Pura Samuan Tiga ada "bulakan" yang berfungsi sebagai pengelukatan bagi yang sakit mata (mata merah). 

"Melukat di beji ini dipercaya dan diyakini bisa mengobati sakit mata. Diyakini bertuah, disana melakukan pengelukatan dan tirtanya dibawa pulang untuk digunakan cuci muka setiap hari. Masyarakat disini meyakini hal itu," ucapnya.

Lebih jauh diungkapkannya, kepercayaan tersebut sudah dipercaya sejak dulu. Beji ini merupakan tempat Ida Bethara mesucian. Ditempat ini ada beberapa sumber mata air. Dua pancoran dan satu bulakan. 

"Tirta di beji ini di musim kering tetap volumenya sama, begitu juga di musim hujan volume airnya juga sama," ucapnya.

Dikatakannya, pengelukatan di beji ini akan dikembalikan sebagai pusat spiritual.di Bedulu dan berencana untuk menata kembali tentu dengan ijin dari pengurus Pura Samuan Tiga Bedulu. 

Lebih jauh dikatakannya, semoga bisa terealisasi di tahun ini, dimana beji ini bisa menjadi tempat pengelukatan. Tentu dengan syarat orang yang datang bulan tidak boleh.

"Sebagai kepala desa semua dilakukan untuk kebaikan Desa Bedulu. Mengangkat potensi yang ada sehingga memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitar. Tentu saja kegiatan ini juga berkoordinasi dengan Bendesa Adat Bedulu," ucapnya.

Diakuinya, selain pengelukatan di Beji, pihaknya juga berencana mengangkat potensi tempat pengelukatan yang masyarakat belum mengetahui dimana ditempat ini ada kantrung atau pancoran kelangu yang dipercaya berkhasiat melebur penyakit kulit.

"Untuk menata pengelukatan beji ini masih terkendala dana dan berharap bisa segera menata tempat atau beji ini. Masyarakat mendukung program penataan ini dan dukungan ini astungkara bisa menata pengelukatan ini," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar