Tirtha Pura Gunung Mertha Dikelola BUPDA Madangan Kaja

  • 25 Desember 2021 00:00 WITA

Gianyar, BaliBanknews -
Sumber air atau tirtha di Pura Gunung Mertha saat ini dikelola oleh Baga Utsaha Padruwen Desa Adat (BUPDA) Desa Adat Madangan Kaja.

Bendesa Adat Madangan Kaja, I Wayan Edi Artha yang juga pengusaha ukiran ketika ditemui balibanknews Sabtu, 25/12/2021 mengungkapkan, tirtha yang ada di Pura Gunung Mertha dari dulu dipercaya bisa menyembuhkan penyakit. Bahkan sebelum ada air pdam, semua masyarakat melakukan pengelukatan di Pura Gunung Mertha.

"Banyak sekali potensi air di Pura Gunung Mertha. Akhirnya ada relawan dan anak muda, timbul keinginan untuk mengangkat air agar bisa dimanfatkan lebih luas lagi. Bahkan saat ini air tersebut sudah bisa disalurkan ke rumah-rumah warga," ucapnya.

Lebih jauh diungkapkannya, saat ini sudah 100 lebih KK yang memanfatkan air dari Pura Gunung Mertha ini. Dimana dikelola oleh BUPDA Desa Adat Madangan Kaja dimana beranggotakan enam orang.

"Selama Januari sampai Maret warga yang memanfaatkan air ini tidak dipungut biaya, bulan selanjutnya mulai dikenakan biaya beban Rp 18 ribu dan biaya pemakaian air paling kena Rp 24 ribu," ucapnya.

Dengan adanya usaha BUPDA ini, diakuinya banyak memberikan manfaat bagi masyarakat dalam mendapatkan air bersih. "Banyak masyarakat di luar desa juga memanfaatkan air di depan Pura Gunung Mertha, namun kita tidak kenakan tarif hanya berupa dana punia saja," ucapnya.

Lebih jauh dikatakannya, dalam seminggu dana punia bisa terkumpul Rp 600 ribuan dengan dana itu sudah bisa menutupi biaya operasional. Karena usaha ini baru dirintis, kebanyakan yang bekerja di BUPDA ini masih digaji kecil dan bersifat ngayah.

"Air di tempat ini murni, bersih dan khasiatnya sudah dirasakan masyarakat. Kami harapkan mari kita menjaga sumber air ini dan memanfaatkannya dengan baik. Kedepannya kami berharap selain di Medang Kaja juga bisa dimanfaatkan pleh banjar lainnya," harapnya.

Dengan adanya pemilihan kepala desa, Ia juga berharap kepada Kepala Desa terpilih untuk saling berkolaborasi untuk meningkatkan pembangunan dan juga perekonomian masyarakat Madangan Kaja disamping juga dukungan dalam pengembangan wisata religi.

"Kita berkomitmen untuk membangun Desa Madangan Kaja dengan membuat usaha-usaha yang mampu memberikan manfaat kepada masyarakat luas," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar