Desa Bakbakan Launching Puspa Aman dan Taman Hatinya PKK untuk Ketahanan Pangan

  • 12 Desember 2021 00:00 WITA

Gianyar, BaliBanknews -
Desa Bakbakan melaunching Puspa Aman dan Taman Hatinya PPK. Dimana diharapkan menciptakan ketahanan pangan di desa. 

"Untuk pertama kali di kecamatan Gianyar Desa Bakbakan kami melakukan terobosan dengan melaunching Puspa Aman dan Taman Hatinya PKK Desa Bakbakan," demikian diungkapkan Kades Desa Bakbakan, Gede Indra Ariwangsa W, SH., ketika ditemui BaliBanknews pada Minggu,12/2021.

Kegiatan launching yang dihadiri langsung Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar, Dayu Surya Adnyani Mahayastra ini diharapkan mampu mempertahankan pangan di desa.

Ariwangsa lebih jauh mengungkapkan, pihaknya menerapkan transparansi dan digital, karena pihaknya menerima saran dan masukan maupun keluhan dari masyarakat tidak hanya bisa di kantor namun di rumah juga diterima.

"Saya kebanyakan berada di luar kantor terjun ke masyarakat untuk lebih mengetahui situasi dam kondisi di lapangan," ucapnya.

Ariwangsa mengatakan, dirinya terjun langung ke lapangan karena ingin mengetahui kondisi di lapangan dan memberikan informasi langsung tentang kegiatan yang ada di Desa Bakbakan. 

"Transparansi komitmen kita dari awal, karena saya tetap merangkul semua masyarakat. Masyarakat bisa bertanya langsung ke saya dimana kita selalu bersinergi dengan Desa Adat Babakan," ujarnya.

Selain itu, Desa Babakan juga mendapatkan penghargaan dari pemerintah dari segi kecepatan penyerapan dana desa. "Kita mendapatkan ranking pertama dan itu memotivasi kami untuk bekerja lebih maksimal lagi," ucapnya.

Ariwangsa lebih jauh mengatakan, pihaknya saat ini juga fokus mengarap pertanian dimana bisa dijadikan traccking untuk pariwisata. "Jalan usaha tani selain bisa digunakan masyarakat petani akan menjadi satu penunjang dan kedua ada destinasi wisata air terjun," ujarnya.

Bahkan, pihaknya sudah melaunching Pusat Ketahanan Pangan (Puspa Aman) dan Taman Hatinya PKK yang merupakan program Bupati Gianyar. Sebagai pusat edukasi untuk PKK dan masyarakat umum. Dimana bibit disalurkan kepada PKK untuk menanam bibit yang bermanfaat baik bagi masyarakat.

"Bibit di Puspa Aman ini lengkap ada cabai dan kebutuhan lainnya yang memberikan manfaat kepada masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari. Mudahan-mudahan terus bisa berlanjut dengan bantuan Bapak Bupati Gianyar," harapnya.

Ditambahkan, Puspa Aman Desa Babakan luasnya 65 are. Selain menggarap beberapa potensi lokal seperti ketela rambat dan saat ini terus dikembangkan. Selain itu, bunga juga dikembangkan. 

"Untuk Kecamatan Gianyar yang diresmikan pertama adalah Desa Babakan. Dengan bantuan perbaikan irigasi dari Bapak Bupati Gianyar memberikan manfaat bagi masyarakat dalam sektor pertanian," pungkasnya.

Ia berharap.masyarakat terus mendukung program Desa Babakan dan bantuan supaya bermanfaat bagi masyarakat. Begitu juga diharapkan ekonomi kembali normal sehingga berimbas pada kesejahteraan di Desa Babakan.

"Pemerintah semakin mensupport kita dalam menjalankan program-program untuk kesejahteraan masyarakat. Dan saya harap potensi desa seperti destinasi pariwisata digarap secara maksimal," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar