Gula Aren Desa Pedawa Diyakini Sembuhkan Berbagai Penyakit, Dibantu KUR Mesari Bank BPD Bali

  • 28 November 2021 00:00 WITA


Buleleng, BaliBanknews -
Produk gula aren olahan masyarakat Desa Pedawa Kabupaten Buleleng diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan akan mendapat bantuan Kredit KUR Mesari dari Bank BPD Bali.

Sekretaris Kelompok Tani Aren Getah Uyeng, Putu Suta Adnyana atau biasa disapa Gucci Adnyana ini mengungkapkan, hampir 90 persen masyarakat Pedawa adalah petani gula, sehingga ketika melakukan rutinitas makan siangnya disaat melakukan kegiatan bertani itu mengkonsumsi gula, keladi dan kopi pahit ala Pedawa.

"Menurut beliau-beliau itu yang melakukan hal itu setiap hari mampu memberikan stamina kepada mereka," ucapnya.

Gucci Adnyana lebih jauh mengungkapkan, untuk itu generasi yang hampir generasi ke empat ini ingin tetap melestarikan kegiatan-kegiatan orang tua dari hulu hingga hilir menjaga kualitas produk pertanian Pedawa berupa gula ini. 

"Ini juga dukungan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan yang memberikan semacam pendampingan dengan metode-metode mereka. Dari sisi perdagangan juga kita diajarkan bagaimana meproduksi gula yang berkualitas," ucapnya.

Diakuinya, bahan baku gula dari getah jaka dengan proses tradisional. Permasalahan dalam hal ini tentu proses produksi yang membutuhkan biaya tinggi untuk memproduksi gula aren berkualitas bagus.

"Produk gula kami mampu meningkatkan stamina, daya tahan tubuh. Karena sudah terbukti, para tetua kita mengkonsumsi gula ini tubuhnya tetap bugar," ucapnya.

Gucci Adnyana mengatakan, ada banyak kelompok gula aren, untuk kelompoknya bernama Kelompok Tani Aren Getah Uyeng dengan anggota sebanyak 50 orang. Pengerajin gula sekitar 60 persen mampu memproduksi gula aren berkualitas bagus sekitar 10 orang.

Lebih jauh dikatakannya, dari segi permodalan karena kelompoknya baru sangat berterimakasih kepada Bank BPD Bali Cabang Seririt yang ikut membantu petani dengan membantu restibusi dan juga rencana dibantu kredit KUR Mesari Bank BPD Bali. Begitu juga Adnyana mengapresiasi dukungan dari Bupati Buleleng yang konsen untuk mengangkat petani gula aren.

Ia berharap Bank BPD Bali terus membantu pelaku UMKM di Desa Pedawa dan diikutsertakan terus dalam kegiatan pameran. (yess)


TAGS :

Komentar