LPD Desa Adat Senganan Kangin Berikan Keringanan Pembayaran Kredit

  • 18 Oktober 2021 00:00 WITA

Tabanan, BaliBanknews -
Pandemi covid-19 membawa dampak luas terhadap berbagai sektor termasuk juga LPD. Salah satu kendala yang dihadapi saat ini adalah berkurangnya kemampuan masyarakat untuk membayar kredit, akibat kehilangan pekerjaan di sektor pariwisata. Untuk mengantisipasi hal itu, LPD Desa Adat Senganan Kangin memberikan keringanan kepada krama untuk membayar kredit.

Pemucuk LPD Desa Adat Senganan Kangin, I Ketut Artadana ketika di temui BaliBanknews pada Senin,18/10/2021 di kantor LPD setempat
mengungkapkan banyak krama yang bergerak di sektor pariwisata kehilangan penghasilan. Untuk itu, mereka yang memiliki pinjaman di LPD diberikan keringanan membayar kredit yakni bisa dibayar bunganya saja. Hal itu, tentu lebih mempermudah masyarakat dalam pembayaran kredit. 

Selain itu, lebih jauh diungkapkan dimasa pandemi ini tidak jarang pula masyarakat menarik dananya untuk kebutuhan biaya hidup maupun melakukan investasi di sektor property salah satunya membeli tanah.

"Saat ini harga tanah turun, sehingga ada yang menarik dananya untuk di investasikan di tanah yang diharapkan nanti bisa dijual dengan harga lebih tinggi," ucapnya.

Untuk itu, diakuinya LPD Senganan menyiapkan dana likuiditas saat ini mencapai 20 persen. Menurun dibanding sebelum covid dimana bisa mencapai 30 persen dana likuiditas yang disiapkan.dari segi pergerakan aset LPd hingga September ini telah mencapai Rp 9 miliar.

"Meski demikian belum ada yang menarik dananya dalam jumlah besar. LPD Senganan masih tetap bisa melayani krama dan bertahan di masa pandemi ini," ujarnya.

Ia memaklumi dalam situasi seperti sekarang ini. Apalagi bagi masyaralat yang bergerak di sektor pariwisata. Sehingga LPD memberikan kebijakan dalam memberikan keringanan dalam pembayaran kredit.

Diakuinya, kerjasama dengan badan pengawas sangat terus ditingkatkan dan sudah berjalan dengan baik. Membentuk sinergitas yang baik sehingga segala program LPD bisa berjalan dan tetap eksis.

"Hubungan dengan badan pengawas sangat harmonis bersama-sama ikut membangun LPD Senganan Kangin  agar tetap ajeg dan memberikan manfaat langsung ke krama dan desa adat," ucapnya.

Diakuinya, sektor pertanian dan peternakan menjadi sektor lain yang menjadi prioritas juga bagi LPD. Ia berharap masyarakat tetap mempercayakan dan memanfaatkan produk-produk LPD agar LPD tetap ajeg dan berkembang. (yess)


TAGS :

Komentar