LPD Desa Adat Sengkidu Berprinsip "Pang Pada Payu, Pada Jalan", Bagikan Dana Hari Raya ke Krama

  • 11 Oktober 2021 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
LPD Desa Adat Sengkidu memiliki prinsip pang pada payu dan pang pada jalan. Selain itu, LPD juga membagikan dana THR  untuk hari raya kepada krama.

Pengawas LPD Desa Adat Sengkidu, I Nyoman Rintha didampingi, I Nengah Widia yang juga selaku Pemucuk LPD Desa Adat Sengkidu ketika ditemui BaliBanknews Senin, 11/10/2021 di kantor LPD Setempat
mengungkapkan, prinsip pang pada payu dan pada jalan tertulis dalam awig-awig atau pararem.

"Dengan pararem tersebut ada sanksi yang dikenakan ke krama. Meski demikian masih ada nasabah LPD terkatagori kurang lancar, namun pihak desa adat selalu berupaya dengan memangil nasabah-nasabah yang bermasalah dengan mengedepankan pada payu dan pada mejalan," ucapnya.

Diakuinya, apalagi ditengah pandemi seperti sekarang ini. Badan pengawas dan LPD terus melakukan langkah-langkah dalam menyelesaikan kredit secara kekeluargaan dimana melakukan kunjungan ke krama. 

"Dimana dampak pandemi saat ini sangat dirasakan sekali. Berdampak terhadap berbagai sektor dan juga masyarakat dari semua kalangan," ujarnya.

Lebih jauh Rintha mengakui laba LPD juga terkena dampak. Jika sebelum covid laba mencapai target, namun hingga saat ini LPD Sengkidu hanya memperoleh laba Rp 1 miliar. Meski demikian pihaknya tetap bersyukur, karena ditengah pandemi LPD Sengkidu masih membukukan laba.

"Laba saat ini hingga September sudah  terealisasi Rp 1 miliar. Sehingga perlu kerja keras pengurus untuk menyadarkan nasabah yang memiliki kredit," ucapnya.

Dikatakannya, LPD bersama badan usaha desa serta  Desa Adat Sengkidu memberikan apresiasi kepada masyarakat dalam bentuk pemberian uang THR yang mana kita berikan setiap ada  upacara ngusaba sambah  sebesar Rp 600 Ribu kepada 317 pengayah istri setiap tahunya, di samping itu pula LPd memberikan  kamen dan kebaya kepada ibu-ibu untuk hari raya, teruna-teruni diberikan kamen, selendang dan untuk laki-laki saput dan Udeng.

"Tahun ini teruna-teruni dan krama istri yang diberikan, tahun depan krama lanang. Dengan harapan krama memiliki rasa memiliki sehingga ikut memelihara dan memanfaatkan produk-produk LPD Sengkidu," ucapnya.

Selain itu, LPD juga berkontribusi dalam segala kegiatan baik agama, adat, seni dan budaya yang ada di Desa Adat Sengkidu.

Dalam bentuk  penempatan dana kita masih tetap memberikan kepercayaan penuh pada  Bank BPD Bali kantor Capem  Candidasa dalam bentuk dana likuiditas. Dimana jumlah tabungan di BPD Bali Capem  Candidasa sebesar  Rp 10,5 miliar sedangkan deposito Rp 1,7 miliar. (yess)


TAGS :

Komentar