Memanfaatkan Momentum Harbolnas Menjadi Kunci Pemulihan Ekonomi Bali

  • 11 Oktober 2021 00:00 WITA

Denpasar, BaliBanknews –
Menjelang Harbolnas pada tanggal 12.12 dan untuk mendukung menggeliatnya kembali industri UMKM di Bali, sebelum dibukanya kembali bandara internasional I Gusti Ngurah Rai yang direncanakan di pertengahan Oktober; Bali In Your Hands, sebuah gerakan peningkatan kapasitas digital dan bisnis berkelanjutan untuk usaha UMKM di Bali, yang diinisiasi oleh komunitas Women For Bali, mengadakan serangkaian acara daring dan hybrid mulai tanggal 10 Oktober (10.10), 11 November (11.11) dan 12 Desember (12.12) bertajuk Bali In Your Hands Road to Harbolnas yang didukung oleh sejumlah mitra pembelajaran, mitra komunitas dan sponsor.

Bali In Your Hands telah menjadi wadah bagi para peserta UMKM BIYH yang terdaftar dengan berbagai macam lini bisnis seperti fesyen, kriya, kuliner dan pengalaman wisata.

“Dalam upaya memulihkan perekonomian Bali serta membantu transformasi digital para pengusaha UMKM, Bali In Your Hands secara konsisten mengadakan pelatihan secara berkala sejak bulan Maret 2021, yang diadakan secara daring, melibatkan para ahli di bidang digital, fesyen,kriya, kuliner, bisnis berkelanjutan dan optimasi pasar luar negeri untuk dapat berbagi ilmu kepada para peserta UMKM Bali," jelas Myrna Soeryo sebagai salah satu inisiator Bali In Your Hands.

Pada ketiga tanggal tersebut yang dikenal sebagai hari belanja (10 Oktober, 11 November dan 12 Desember), Bali In Your Hands akan mengadakan siaran langsung baik dari studio digital maupun perhelatan yang bertempat di Artotel Sanur. "Kami mendukung gerakan Bali In Your Hands sepenuhnya, sekaligus untuk mempersiapkan kedatangan turis asing kembali, khususnya ke daerah Sanur," ucap Nimas Ayu Inawati, Marcom & Creative Manager Artotel Sanur.

Acara yang akan diadakan pada ketiga tanggal yang sering dipakai sebagai momentum jualan dan diskon oleh para pelaku e-commerce tersebut, akan menampilkan karya-karya anggota Bali In Your Hands di bidang fesyen (antara lain Amiga Bali, Putri Mas, Tuji Dharma, dll.), kuliner (antaranya Lacasa diPasta, Dimsum Chika, Kopi Artisan,dll.), kriya (antara lain Neira Pockets, TSDC store, Dendi Local Handicraft, dll.), pengalaman wisata (antara lain Sekuku Bumi, Maghali Bar Soap,dll.) serta mitra-mitra seller Bali In Your Hands lainnya, yang terdaftar di www.baliinyourhands.com

“Pada tahun 2021 ini, tujuan dari Bali In Your Hands agar para pelaku usaha UMKM di Bali dapat bertahan di kala situasi pandemi dengan meningkatkan kapasitas digital. Sedangkan pada tahun 2022, kami berkeinginan agar pelaku usaha UMKM Bali sudah naik level lagi dengan menjadi pelaku bisnis berkelanjutan,” ucap Rahmi Fajar Harini, inisiator Bali In Your Hands lainnya.

Dengan adanya kegiatan Road to Harbolnas, Bali In Your Hands berharap pemulihan ekonomi Bali dapat segera terjadi sehingga para pelaku usaha UMKM Bali dapat terus mengembangkan bisnisnya dengan berbagai macam kreativitas yang telah dipelajarinya selama mengikuti pelatihan daring. 

“Kami optimis dengan peningkatan keahlian digital dan kapasitas bisnis berkelanjutan yang Bali In Your Hands lakukan, malah bisa membuka peluang bisnis baru bagi pelaku usaha UMKM yang tergabung dalam Bali In Your Hands,” tutup Nidya Gustianingsih dari komite Bali In Your Hands. (rls)


TAGS :

Komentar