LPD Desa Adat Mas Terus Edukasi Masyarakat di Masa Pandemi

  • 27 September 2021 00:00 WITA

Gianyar, BaliBanknews -
Untuk tetap eksis dan bertahan ditengah pandemi, LPD Desa Adat mas yang ada di kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar ini  melakukan edukasi ke masyarakat untuk berperan aktif dalam menunaikan kewajiban maupun memanfaatkan produk-produk LPD Mas.

Pemucuk LPD Desa Adat Mas, I Ardana SE., mengungkapkan prajuru LPD setiap saat melakukan edukasi ke masyarakat untuk memberikan gambaran tentang LPD dimana sampai saat ini LPD Mas tetap.eksis. Selain juga mengedukasi nasabah yang mengalami permasalahan bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Dimana pihak LPD bersinergi dengan Bendesa Adat Mas dalam memberikan edukasi ke krama. 

"Salah satu solusi ditengah pandemi ini ya tentu kami terus melakukan edukasi ke masyarakat bahwa LPD tetap eksis. Meski situasi sulit seperti sekarang ini," ucapnya.

Ardana lebih jauh mengungkapkan, LPD memiliki tim kredit dimana salah satu anggota badan pengawas sehingga penyelesaian kredit bisa dilakukan dengan cara kekeluargaan.

"Semua pihak dalam tim jika terjadi kredit macet yang benar-benar tidak bisa diselesaikan. Kita jarang melakukan eksekusi (menjual kesepakatan bersama antara peminjam dengan LPD)," ucapnya.

Diakuinya, saat ini pararem baru digarap dan disesuaikan dengan kondisi di masing-masing desa adat. Dalam sutuasi saat ini, LPD Desa Adat Mas masih bisa berjalan sesuai dengan target. Meski demikian, LPD tetap terus melakukan edukasi agar masyarakat Mas lebih maksimal memanfaatkan produk-produk LPD.

"Dalam pengelolaan kita selalu menjaga kekompakan dengan pihak terkait seperti Badan Pengawas LPD dan masyarakat," ujarnya sembari menambahkan, LPD Mas rutin melakukan kegiatan sosial dimana dirancang untuk memberikan asas  manfaat atau berbagi kepada masyarakat di mana LPd juga  memberikan beasiswa kepada Anak-anak  SD yg kurang mampu kemudian kita juga  memberikan bantuan kepada anak yatim piatu,bantuan kepada  penyandang disabilitas, punia kepada  pemangku di desa adat Mas  juga ke panti asuhan serta lainnya itu di luar dana pembangunan yang juga rutin kita berikan setiap tahun ke Desa Adat.

Ia berharap, sebagai milik desa adat, LPD tentu bisa dimanfaatkan maksimal oleh masyarakat. Karena majunya LPD berimbas terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan juga pembangunan di Desa Adat Mas.

Bendesa Adat Mas, Ir. Wayan Gede Arsania yang juga selaku Ketua Badan Pengawas LPD Mas mengapresiasi tetap eksisnya LPD Mas ditengah pandemi.

Ia berharap, masyarakat Mas lebih berperan aktif dalam memanfaatkan produk-produk yang ada di LPD Desa Adat Mas. (yess)


TAGS :

Komentar