LPD Desa Adat Menanga Tetap Eksis & Dipercaya Krama, Lakukan Pendekatan Kekeluargaan Dimasa Pandemi

  • 25 September 2021 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
LPD Desa Adat Menanga yang ada di kabupaten dengan julukan Gumi lahar ini  tetap eksis dipercaya krama dimana dalam penyelesaian kredit, LPD lebih menekankan pendekatan secara kekeluargaan.

Pemucuk LPD Desa Adat Menanga, Jro Mangku Sutawan, di dampingi I Gusti Lanang Rai, selaku Penyarikan LPD Menanga serta Ni Wayan Sasih yang juga selaku Patengen LPD Menanga ketika di temui BaliBanknews pada Sabtu, 25/9/2021 di kantor LPD setempat
mengungkapkan saat pandemi seperti sekarang ini semua sektor terdampak termasuk LPD. Sektor pariwisata terpuruk hanya saja krama yang bekerja di kapal pesiar sudah ada yang berangkat ke kapal pesiar. Hal itu juga yang mampu mendongkrak eksistensi LPD Menanga.

"Sektor kapal pesiar saat ini ada yang beropersional, sehingga beberapa krama yang bekerja disana sudah mulai bekerja. Dulu LPD Menanga sekitar empat tahun sebelum covid-19 memiliki program pembiayaan untuk pekerja kapal pesiar. Hampir peminjam yang bekerja di kapal pesiar tidak ada kredit macet," ucapnya.

Sutawan lebih jauh mengungkapkan, sampai saat ini LPD Menanga masih tetap eksis dan dipercaya krama. Dalam penyelesaian permasalahan di LPD lebih menekankan secara kekeluargaan. Sebab, LPD merupakan lembaga adat milik krama dan berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan krama dan juga pembangunan di Desa Adat Menanga.

"Kepercayaan krama yang masih tinggi membuat LPD Menanga masih tetap bertahan ditengah pandemi. Yang terpenting kita masih tetap bisa jalan," ucapnya.

Diakuinya, LPD Desa Adat Menanga hingga September 2021 telah mencapai Rp 32 miliar dengan membukukan laba mencapai Rp 450 juta. "Meski ada penurunan karena wabah Pendemi ini namun kita patut bersyukur ditengah Pandemi masih memperoleh laba tentunya ini semua berkat dukungan kepercyaan masyarakat. Disamping peran prajuru desa adat  dalam memanfaatkan produk-produk layanan LPD Menanga," ujarnya.

Bandesa Adat Menanga, Drs, I Wayan Suarta, yang juga selaku Ketua Badan Pengawas LPD Menanga didampingi I Wayan Sumerta selaku Anggota Pengawas internal LPD Menanga mengapresiasi positif tetap eksisnya LPD ditengah pandemi. Sebab, banyak sektor yang terpukul akibat pandemi, namun LPD Menanga masih tetap bisa bertahan. Hal itu tidak terlepas dari peran serta krama yang tetap mempercayakan produk-produk LPD Menanga.

"Mari kita tingkatkan peran dalam memanfaatkan produk-produk LPD untuk memajukan LPD. Maju dan berkembangnya LPD Menanga tidak terlepas dari peran krama. Untuk itu ayo kita tingkatkan peran untuk tetap ajegnya LPD sebagai lembaga milik adat," pungkasnya. (yess)


TAGS :

Komentar