Pengurus Baru, Semangat Baru LPD Desa Adat Umejero

  • 23 September 2021 00:00 WITA

Buleleng, BaliBanknews -
Kepengurusan baru menjadi semangat baru bagi LPD Desa Adat Umejero yang berada di kabupaten dengan Julukan Panji Sakti ini  yang sempat mati suri. Lembaga yang pertama berdiri Tahun 1986, kini dikelola  kaum milenial muda. 

Pemucuk LPD Desa Adat Umejero, Komang Pitri Satriani mengatakan kebangkitan LPD Umajero tidak lepas dari peran desa adat. "Desa adat ikut memberikan modal sebesar Rp 50.000 per KK. Ini diwajibkan untuk semua krama Desa Umejero," ujar Komang Putri didampingi, Ngakan Made Yudiana, selaku Penyarikan LPD Umejero serta, Anggun Dwi Oktariana, SE, ketika di temui BaliBanknews di kantor LPD setempat pada Rabu (22/09/2021).


Menurut Komang Pitri, pendirian kembali LPD Umajero melewati banyak tantangan dan rintangan. "Sangat berat karena kami mulai dari minus nol, bukan dari nol. Ada cap negatif dari masyarakat karna LPD pernah mati," ungkapnya. 

Namun demikian, di awal kebangkitan Komang Pitri bersama pengurus berusaha keras mengembalikan kepercayaan masyarakat. "Di awal pendirian kami melakukan sosialisasi ke setiap banjar. Ada 5 banjar adat. Di sana kami berusaha meyakinkan masyarakat bahwa LPD Umejero bangkit kembali dan akan senantiasa berusaha menjadikan LPD maju dan berguna bagi masyarakat desa," jelasnya. 

Selama 4 bulan, pengurus sering turun ke lapangan. "Untuk lebih meyakinkan masyarakat akan kinerja LPD," jelasnya. Hal itu dilakukan karena kepercayaan masyarakat masih rendah. "Jarang yang mau nabung dalam jumlah banyak. Dan yang cari kredit pun masih sedikit. Bahkan dari Plafond terbesar Rp 5 juta, dominan yang nyari kredit hanya Rp 1 juta. Itupun tanpa jaminan," terangnya. 

Bendesa Adat Umejero, I Nyoman Suberata yang juga selaku Ketua badan pengawas menambahkan, upaya tersebut terus dilakukan hingga berjalan 8 bulan. "Astungkara kepercayaan masyarakat mulai meningkat. Tabungan semakin banyak dan kredit pun terus bertambah dengan plafon maksimal Rp 15 juta sesuai BMPK," jelasnya. 

Dari laba yang diperoleh, LPD bisa ikut medana punia pelaksanaan Karya di Pura Puseh. "Walaupun jumlahnya sedikit, tapi diharapkan mampu merangsang kepercayaan masyarakat bahwa LPD Umejero sudah berjalan," ujar Bendesa.( Yess)


TAGS :

Komentar