SLB Negeri 1 Jembrana Siapkan Anak Didik Berkebutuhan Khusus Menjadi Percaya Diri

  • 25 Juni 2021 00:00 WITA

Jembrana, BaliBanknews –
Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Jembrana berlokasi di jalan Sedap Malam Desa Baler Bale Agung menyiapkan anak didik berkebutuhan khusus menjadi  lebih percaya diri  dengan mmbekali mereka keterampilan. Demikian diungkapkan Wakil Kepala Sekolah Sarana dan Prasarana SLB negeri 1 Jembrana, I Ketut Budi Partiaksa,S.Si., ketika ditemui BaliBanknews, Jumat (25/6/2021) di sekolah setempat.

Partiaksa lebih jauh menggungkapkan, SLB Negeri 1 Jembrana melatih kepercayaan anak didik untuk lomba dibidang berkesenian anatara lain lomba baca puisi,  seni melukis, seni membatik, seni antaran, merangkai bunga, menari, lomba kriya membuat karya dari barang bekas. 

“Kita memantapkan atau menggali potensi di setiap anak berkebutuhan khusus. Walaupun ada kekurangan tetapi sisi potensinya kita angkat. Contoh anak tuna daksa, dia memiliki masalah dibdang organ gerak, dia intelektual dan bicaranya normal bisa ikut lomba cipta basa puisi. Kemudian anak tuna runggu kita bisa latih potensi gerakannya di nari, emmbatik dan phantomin. Itu yang kita maksud melatih dan membina potensi yang dimiliki dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki,” ujarnya.

Partiaksa mengatakan, sekolah yang awalnya sekolah tingkat sekolah dasar dan tahun 2010 sudah jadi SMP dengan jumlah murid sebanyak 147 siswa. Di SLB ini juga ada asrama sekolah yang ditempati 30 orang siswa.


“Keunggulan sekolah ini dari segi akademik yakni mengangkat potensi anak didik, agar anak berkebutuhan khusus memiliki  kemandirian. Itu tujuan pendidikan disini. Kami harapkan mereka memiliki potensi dan keterampilan lebih di berbagai bidang,” ucapnya.

Lebih jauh dikatakannya, dari segi sosial orang tua yang memiliki kepekaan terhadap perubahan siswa. Merasakan perubahan dari perilaku dan psykologi anak-anak dari sebelum dan sesudah sekolah.

Orang tua bias saling bersosialisasi di sekolah anatar orang tua siswa. Sehingga saling mendukung. “Kami tidak henti-hentinya menggali potensi siswa. Dan menyalurkan ke bakat yang mereka miliki,” ucapnya.

Ada banyak lomba, namun yang diikuti siswa ada beberapa lomba. Diharapkan mengikuti lomba pertama anak ddik menjadi percaya diri, menambah semangat anak didik untuk belajar, selain mengangkat potensi mereka. Dan menjadi motivasi orang tua untuk mendukung anaknya dan fungsi SLB akan semakin berkembang, sehingga tidak malu lagi jika orang tua memilik anak didik yang memiliki kebutuhan khusus.

“Kita melayani masyarakat yang berkebutuhan khusus. Kami sangat senang jika anak didik bisa mandiri, apalagi anak didik bias memiliki prestasi hingga tinggkat nasional,” ucapnya.

Diharapkan, semua komponen baik guru dan anak didik serta orang tua memiliki semangat yang tinggi untuk terus menggali potensi anak-anak didik baik di sekolah maupun di masyarakat.

“Anak-anak didik saya harapkan semakin meningkat keterampilan dan potensi mereka. Dengan dukungan yang sangat bagus dari pemerintah, mudah-mudahan sekolah ini akan mampu mencetak anak didik yang berprestasi,” pungkasnya.

Dengan hadirnya guru baru (CPNS) yang memiliki kompetensi khusus Pendidikan Luar Biasa akan membantu peningkatan mutu pendidikan dan layanan pendidikan luar biasa di Jembrana. Untuk masyarakat Jembrana yang memiliki anak usia sekolah yang berkebutuhan khusus untuk tidak ragu berkonsultasi dan mendaftarkan anaknya untuk belajar di SLB Negeri Jembrana. (yes)


TAGS :

Komentar