LPD Desa Adat Ubung Penebel Ringankan Beban Krama Bagikan Paket Sembako

  • 07 Mei 2021 00:00 WITA


Tabanan, BaliBanknews -
Peran serta lembaga adat seperti LPD dalam situasi pandemi covid-19 sangat diperlukan khususnya dalam meringankan beban krama. Pembagian paket sembako sebagai salah satu kontribusi LPD yang bisa diberikan ke krama. Seperti halnya LPD Desa Adat Ubung Kecmatan penebel , Kabupaten Tabanan talah membagikan ratusan paket sembako ke krama.


Pemucuk LPD Desa Ada Ubung Penebel ,Ir I Made Winaya didampingi Ni Wayan Suwartini selaku Petengen, serta Drs, I Made Suparna , Penyarikan LPD Ubung Penebel,  Jumat  (7/4/2021) mengungkapkan situasi sulit seperti sekarang ini berdampak terhadap semua sektor. Sebagai lembaga milik krama adat, LPD Ubung Penebel  bulan Januari awal tahun 2021  telah membagikan 300 paket sembako berupa beras, kopi, gula serta minyak seharga Rp 115 ribu per paket.

"Kami melihat kebutuhan bahan pokok yang sangat diperlukan krama saat situasi seperti sekarang. Meski tidak seberapa, LPD Abung penebel  mampu berkontribusi secara nyata," ucap Winaya.

Diakuinya, kinerja LPD Ubung  juga sangat terdampak pandemi covid-19. Hal itu tidak terlepas dari kondisi situasi krama yang juga terdampak, khususnya dalam menunaikan kewajibannya di LPD. Meski dalam situasi sulit, LPD Ubung Penebel  mampu menumbuhkan aset, jika tahun 2019 beraset Rp 7,3 miliar, dan  di 2020 menjadi Rp 7,4 miliar naik Rp 100 juta  atau 0,92%


Lebih lanjut Winaya menambahkan  untuk perkembangan Laba LPd tahun 2019 mencapai Rp 396 juta sedangkan tahun 2020 laba LPd menjadi Rp 290 juta atau ada penurunan 26,9% akibat wabah pandemi. Sedangkan dana pembangunan  yang kita serahkan ke desa adat tahun buku  2020 mencapai Rp 58 juta. Termasuk juga LPd Ubung juga berkontribusi berupa dana Partisipasi kepada desa adat setiap tahunya sebesar Rp 15 juta di tambah dana kepada  seka truna truni, seka tabuh dan seka santi 

Lebih jauh diakui Winaya , untuk memberikan asas manfaat ke krama atas kehadiran LPd  telah mampu memberikan dana duka di mana setiap masyarakat Ubung penebel yang meninggal dunia kita berikan Rp 500 RB sebagai bentuk bela sungkawa LPd pada masyarakat yang meninggal dunia.  merangsang krama membayar kewajibannya, LPD Ubung penebel  juga  memberikan keringanan baik berupa bunga maupun Denda  kredit kepada krama tidak di kenakan. 

"Peran serta krama dalam menjalankan kewajiban sangat penting, LPD sebagai milik krama tentu jika bertumbuh positif akan memberikan dampak positif pula bagi kesejahteraan krama dan pembangunan di desa adat tentunya," ujar Winaya.

Winaya  berharap, situasi bisa kembali normal, sehingga LPD Ubung Penebel  bisa menjalankan program-program dengan baik. 

Bendesa Adat Ubung Penebel, I Putu Arya Kusuma.S.S, didampingi I Made  Wirabudi, S.E, dan I Gede Putu Suwirya selaku anggota badan pengawas LPD Ubung  memberikan apresiasi terhadap LPD Ubung  dengan Pemberian paket sembako merupakan bentuk kepedulian  LPD kepada krama sebagi pemilik. Ia juga berharap sama agar situasi kembali normal, sehingga perekonomian khususnya di Desa Adat Ubung  bisa kembali menggeliat dan berimbas terhadap pertumbuhan  dan kepercyaan  masyarakat terhadap LPD Ubung penebel  semakin meningkat  (yes)


TAGS :

Komentar