LPD Desa Adat Kerobokan Rayakan HUT ke-29, Siapkan 4 Unit Sepeda Motor

  • 06 Mei 2021 00:00 WITA
Pemotongan tumpeng serangkaian HUT ke-29 LPD Desa Adat Kerobokan.

Mangupura, BaliBanknews -
LPD Desa Adat Kerobokan kini genap berusia 29 Tahun. Ditengah pandemi covid-19, LPD ini tetap eksis memberikan pelayanan dalam meningkatkan kesejahteraan krama. Dalam HUT kali ini, LPD Kerobokan menyiapkan 4 unit sepeda motor.

Pemucuk LPD Desa Adat Kerobokan, I Ketut Sender,SE.M.M. didampingi I Ketut Endranata,SE., selaku Penyarikan  LPd Kerobokan serta  I Wayan Winartha,S.M, selaku Pengeraksa LPD Desa Adat Kerobokan, Kamis (6/5/2021) mengungkapkan, pandemi covid-19 berdampak signifikan terhadap sektor perkonomian, termasuk juga lembaga adat yakni LPD juga sangat terdampak.

Perkembangan LPD Desa Adat Kerobokan yakni tabungan tahun 2020 sebesar Rp 167 miliar lebih, tahun 2019 mencapai Rp 197 miliar lebih. Deposito tahun 2019 mencapai Rp 205 miliar lebih, naik di tahun 2020 menjadi Rp 211 miliar lebih. Kredit yang disalurkan di 2019 sebesar Rp 305 miliar lebih di tahun 2020 naik menjadi Rp 316 miliar lebih. Aset mencapai Rp 461 miliar lebih di 2019 sedangkan di 2020 menurun menjadi Rp 438 miliar lebih.

Modal LPD Kerobokan di 2019 menjadi Rp 36 miliar lebih dan 2020 modal Rp 39 miliar. Laba di 2019 Rp 8 miliar lebih dan di 2020 sebesar Rp 2,7 miliar lebih.

Diakuinya, program LPD Kerobokan berjalan dengan baik. Seperti ke banjar-banjar medana punia saat piodalan, penyerahan dana purna bakti selain juga berpartisipasi di dunia pendidikan dengan membuka program magang bagi mahasiswa.

"Untuk meningkatkan SDM pembiayaan pendidikan untuk karyawan juga ditanggung penuh LPD," ucapnya.

Penangkilan di Pura Kahyangan Tiga,  dan penyerahan dana pembangunan desa adat setiap akhir tahun tetap dilaksanakan. Tahun 2020 LPD  serahkan dana pembangunan sebesar Rp 542  juta lebih.Selain juga menyerahkan sembako ke krama sekitar kurang lebih 6 ribu paket lebih  sembako. 

"Masyarakat diringankan dengan pembagian sembako meski nilainya tidak terlalu besar. Kedepan LPD tetap membuat program dan terobosan baru. Membuat pelayanan ATM bagi krama yang ingin bertransaksi di hari libur," ucapnya.

Kedepannya semua pihak diharapkan berpartisipasi dalam penempatan dana di LPD untuk lebih ditingkatkan dan juga berharap situasi dan kondisi kembali.normal.

"Tetap kita minta dukungan semua pihak dalam peningkatan LPD sehingga mampu menopang ekonomi masyarakat menuju peningkatan kesejahteraan krama," pungkasnya.

Bendesa Desa Adat Kerobokan, Anak Agung Putu Sutarja,SH.MH., dalam sambutannya mengharapkan partisipasi krama di LPD Kerobokan lebih ditingkatkan. Masa pandemi saat ini, banyak kendala yang dihadapi. LPD tetap melayani krama dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Mengucapkan selamat HUT LPD ke-29 dan berterimakasih kepada LPD Kerobokan yang telah memberikan sembako, meski nilainya tidak terlalu besar namun bisa dibagikan secara merata senilai Rp 1,7 miliar lebih. Ini sebagai "cihne" LPD Kerobokan," ucapnya.

Ia mengajak krama untuk tidak ragu memanfaatkan produk-produk LPD Kerobokan, karena LPD merupakan milik krama. Dengan dukungan SDM dan IT diharapkan pelayanan dan inovasi LPD Kerobokan semakin meningkat.

Ketua Panitia HUT LPD Kerobokan ke-29, I Wayan Pusnadi mengatakan perayaan digelar secara sederhana tanpa mengurangi makna. Serta kegiatan HUT ini diharapka  mampu meningkatkan partisipasi krama dalam memanfaatkan produk-produk LPD.

"Ini program rutin dimana setiap HUT tetap memberikan hadiah kepada krama yang menempatkan dana di LPD. Kita tetap memberikan hadiah sepeda motor sebanyak 4 unit senilai Rp 73 juta lebih serta Hadiah hiburan senilai Rp 45 juta lebih dalam bentuk uang tunai," ucapnya. (yes)


TAGS :

Komentar