Kodim Gianyar Gelar Komsos Bersama Komponen Masyarakat

  • 28 April 2021 00:00 WITA

Gianyar, BaliBanknews -
Kodim Gianyar menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) dengan komponen masyarakat di Gedung Manunggal TNI-Rakyat Makodim 1616/Gianyar, dengan mengusung tema “ Merajut Persatuan dan Kesatuan Bangsa" Rabu (28/04/2021)

Komandan Kodim 1616/Gianyar Letkol Inf Frandi Siboro, berharap wabah pandemi Covid 19 segera berlalu dan aktivitas masyarakat normal kembali.

Komsos Prajurit TNI dengan Komponen masyarakat merupakan salah satu metode pembinaan Teritorial sebagai upaya dalam menyiapkan kekuatan pertahanan serta mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat, sehingga diharapkan bersama sama mampu menyiapkan segenap potensi wilayah pertahanan serta pendukungnya menjadi kekuatan pertahanan.

Komsos yg dilaksanakan bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan hubungan antar Prajurit Kodim 1616/Gianyar dgn Komponen masyarakat agar lebih erat, harmonis dlm memberikan pemahaman , menggugah dan mengajak komponen masyarakat untuk Merajut persatuan dan kesatuan Bangsa serta berpartisipasi dlm upaya pertahanan Negara agar terwujud NKRI yg berdaulat dan sejahtera. ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Pemberian Materi dari Kepala Kesbangpol Kab. Gianyar,  Dewa Gede Putra Amertha., menyampaikan dalam hal merajuk persatuan dan kesatuan bangsa, yang perlu kita tingkatkan adalah rasa memiliki dan rasa bangga berbangsa dan bernegara  sebagai warga negara Republik Indonesia sehingga persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga dengan baik.

Sementara itu Pabanda Komsos Sterdam IX/Udayana selaku Tim Wasgiat Komsos dengan komponen masyarakat, Mayor Inf I Wayan Switantra, sebagai pengisi Materi wawasan kebangsaan, menyampaikan Wawasan kebangsaan  merupakan upaya untuk membangun karakter bangsa yang memiliki jiwa nasionalisme patriotisme  dan ketahanan nasional yang tangguh. 

Ia menambahkan Wasbang penting karena kondisi saat ini sudah berubah sehinggga nilai kebangsaan dianggap luntur karena pengaruh perkembangan teknologi,perkembangan ekonomi,budaya dewasa ini sudah terpengaruh oleh budaya asing dan terjadi perang moderen yang menghancurkan wawasan kebangsaaan.

Tidak hanya TNI yang bertanggung jawab atas keselamatan bangsa , akan tetapi semua rakyat juga bertanggung jawab atas keselamatan bangsa dan negara. “Dengan memantau keamanan dan peduli lingkungan sekitar kita sudah ikut bertanggung jawab terhadap keselamatan bangsa dan negara,” Ungkapnya. 

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain : Dandim 1616/Gianyar. Letkol Inf. Frandi Siboro, Wasgiat Sterdam lX/Udayana Mayor Inf. Wayan Switantra, Kepala Kesbangpol Kab. Gianyar. Dewa Gede Putra Amertha, Para Pasi Kodim 1616/ Gianyar, Danramil jajaran Kodim 1616/ Gianyar, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan tokoh Pemuda Kab. Gianyar. (rls)


TAGS :

Komentar