Inilah Segudang Kontribusi dan Manfaat LPD Canggu untuk Krama & Pembangunan di Desa Adat

  • 23 April 2021 00:00 WITA

Mangupura, BaliBanknews
Keberadaan Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Adat Canggu di kabupaten Badung  memberikan kontribusi yang luar biasa kepada Krama/warga maupun desa adat. Pasalnya, di tengah Pandemi yang masih melanda Bali  LPd Telah mampu memberikan asas  kepada masyarakat Canggu  berupa dana duka jika ada Krama yang meninggal dunia.


Selain itu, kontribusi lainnya yang LPD Canggu berikan adalah berupa Punia untuk puluhan Pura di desa adat setempat. Bahkan Para Prajuru juga diberikan insentif setiap bulannya. Kontribusi tersebut diluar dana pembangunan yang rutin disetorkan LPD Canggu untuk desa adat setempat. 


Pemucuk LPD Adat Canggu, Drs. I Nyoman Siana, M.M didampingi I Wayan Sueka Dana, S.E, Petengen LPD Canggu, serta I Nyoman Suarjaya, S.H, M.H, Penyarikan LPD Canggu ketika ditemui BaliBanknews pada Kamis (22/4/2021) di LPD setempat mengatakan, manfaat langsung yang diberikan yakni Punia untuk 40 Pura yang ada di desa adat Canggu.


Ia menyebutkan, Punia senilai Rp 2 juta diserahkan rutin setiap Piodalan Nados di Pura Kayangan dan Dang Kayangan. Sedangkan untuk Pura Kayangan Banjar Rp 1.750.000. "LPD berkontribusi juga jika ada Upakara Ngenteg Linggih di Pura. di mana total dana yang  LPD siapkan setiap tahunya berkisaran  Rp 300 Juta lebih   Selain itu jika ada pembangunan di Pura milik desa adat LPD memberikan Punia yang nilainya tergantung kemampuan LPD. Kontribusi ini diluar dana pembangunan yang diserahkan LPD   setiap tahun ke desa adat senilai 20% dari laba," beber Nyoman Siana. 


Kata dia, bagi Krama Desa Adat Canggu yang meninggal dunia diberikan santunan senilai Rp 1,5 juta. "Santunan untuk dana duka tersebut kami berikan sebagai wujud kepedulian bela sungkawa  LPD terhadap Krama yang selaku pemilik lembaga keuangan ini. Dalam setahun sampai 30 orang yang meninggal dunia, semuanya kami berikan dana santunan," ucapnya. 


Menurut Nyoman Siana, melalui berbagai kontribusi dan manfaat langsung yang diberikan ke Krama maupun desa adat, sebagai stimulus agar mendukung keberadaan LPD. Melalui kontribusi ini diakuinya, Krama menjadi fanatik dan loyal terhadap keberadaan LPD. 


"Dengan berbagai perhatian dan manfaat langsung yang dirasakan Krama, secara otomatis akan menjadi loyal terhadap LPD. Punya dana pasti ditaruh di LPD, begitupun jika perlu dana ngambil kredit di LPD. Meskipun terdapat banyak lembaga keuangan, dengan loyalitas LPD kepada Krama mendorong adanya kepercayaan dan daya tarik Krama memanfaatkan produk terhadap LPD," terangnya. 


Ia berharap, kepercayaan dan minat Krama memanfaatkan produk LPD tidak tergoyahkan. "Kehadiran LPD ke rumah Krama saat ada kedukaan akan merasa diperhatikan, sehingga menggugah hati Krama untuk lebih percaya pada LPD. Kalau ada Krama yang meninggal keluarganya diberikan Rp 1,5 juta. Jika yang bersangkutan memiliki tabungan di LPD maka santunan di tambahan lagi Rp 500 RB  diberikan menjadi 2 juta," sebut Nyoman Siana. 


LPD juga memberikan uang tunjangan kepada Prajuru  Selain itu memberikan insentif terhadap 7 orang  Kelian Banjar yang mampu mengarahkan kramanya memanfaatkan kredit di LPD Canggu. "Hal ini yang membuat kami di LPD tetap eksis di masa pandemi," ungkapnya. 


Ia mengatakan, aset LPd  per  Maret tahun  2021  mencapai Rp 270 miliar. Sementara itu Bendesa Adat Canggu, I Wayan Suarsana didampingi Drs. I Nyoman Armanta, serta I Nyoman Kosan Sidik Kusuma, selaku Anggota Badan Pengawas LPD Canggu mengaku bangga dan  sangat mendukung keberadaan LPD dengan segala kontribusi dan manfaat langsung yang diberikan kepada Krama Canggu. 


"Kami sampaikan terimakasih terhadap LPD Desa Adat Canggu yang telah banyak membantu meringankan beban Krama baik di saat kedukaan, Pioadalan dan berperan dalam pembangunan di desa adat melalui 20% laba yang diserahkan ke desa adat setiap tahunnya," katanya. (Yes)


TAGS :

Komentar