LPJ LPD Saren Tahun Buku 2020 Catatkan Pertumbuhan Aset & Berinovasi Berikan Kredit Tanpa Jaminan

  • 16 Februari 2021 00:00 WITA

Amlapura, BaliBanknews -
Aset Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Adat Saren hingga Desember tahun 2020 mencapai Rp 12,6 miliar. Sedangkan aset tahun 2019 tercatat Rp 12,4 miliar atau mengalami kenaikan sebesar 5% di masa pandemi Covid-19. Demikian disampaikan Pemucuk LPD Saren, Arya Mangku Made Karma kepada Balibanknews, Selasa (16/2/2021).


Ia menyampaikan, saat laporan pertanggungjawaban (LPJ) LPD Adat Saren tahun 2020 tercatat membukukan laba sebesar Rp 255 juta. Dari laba itu, LPD desa  Adat Saren menyerahkan dana pembangunan ke desa adat sebesar 20% atau Rp 51 juta. "Sehingga LPD berkontribusi langsung ke desa adat," ucapnya. 


Kata Arya Mangku, LPD Saren juga memberikan program kredit tanpa agunan atau tanpa jaminan  kepada Krama/warga Saren hingga Rp 5 juta. Program kredit ini sudah berjalan selama 2 tahun dengan syarat kepatuhan nasabah  yang baik selama pinjam kredit di LPd Saren.


"Kami juga memberikan restrukturisasi di masa pandemi untuk meringankan msyarakat yang memiliki kredit di LPD," ucap Arya Mangku.


Ia mengatakan, dari 6 banjar adat di Desa Adat Saren setiap banjar diberikan Rp 1 juta untuk menambah kas modal. Jro Mangku dan Prajuru Adat  diberikan Rp 1,5 juta, Ngaben massal diberikan dana punia Rp 2 juta. Untuk Piodalan di banjar adat diberikan Rp 1 juta sebagai dana partisipasi dan menyerahkan berupa semen dalam setiap ada   pembangunan yang  desa adat laksanakan. 


Ia mengakui dalam hal ini sudah mendapatkan dukungan dari bendesa adat. Mengingat masyarakat sangat terdampak Covid-19 karena kebanyakan bekerja di pariwisata. Namun sekarang ini warga beralih ke pertanian. 


Harapan kepada warga Saren supaya tetap menjaga kesehatan memperkuat keyakinan terhadap Ida Sang Hyang Widi Wasa. Pihaknya pun pada tahun 2021 ini optimis LPD tetap jalan. "Namun target kita beruasaha bisa  tercapai untuk itu kita berharap dukungan seluruh masyarakat Saren ," ujarnya. 


Bendesa Adat Saren, I Wayan Sukiana mengapresiasi kontribusi LPD Saren kepada Krama dan desa adat. "Kami juga mendorong Krama agar tetap mempercayakan dananya dan menggunakan produk-produk keuangan di LPD Saren, karena kontribusinya sudah dapat dirasakan Krama maupun untuk pembangunan desa adat," untuk itu kita berharap masyarakat tidak ragu dan takut dalam menempatkan pengelolaan dana tetap di LPD  pungkasnya. (Yes)


TAGS :

Komentar