Capaian Kinerja Bank BPD Bali Capem Amlapura Membanggakan

  • 31 Desember 2020 00:00 WITA

 


Karangasem, Balibanknews 

 Kepala Bank BPD Bali Kantor Capem Amlapura, I Komang Wiryadi,  bangga atas capaian kinerja capemnya, Walau di tengah kondisi pandemi, akibat meluasnya virus Covid-19. Namun kinerja bank BPD Bali Kantor Capem Amlapura masih positif. Apalagi Bank BPD Bali Kantor Capem Amlapura, yang merupakan kantor capem termuda di Karangasem yang  mampu menorehkan pencapaian membanggakan jelang akhir tahun 2020.

Berdasarkan datanya, terkait perkembangan dana yang dikelola Bank BPD Bali Capem Amlapura. Aset dari rencana kerja  Rp 230,044 miliar. Hingga 28 Desember 2020, tercapai Rp 234,9 Miliar melampaui 102,1 persen. Laba dari rencana kerja Rp 6,5 miliar, terealisasi Rp 6,7 miliar atau tercapai 103,0 persen. Deposito rencana kerja Rp 31,8 miliar tercapai Rp 32,2 miliar atau 101,3 persen.


Tabungan hingga Desember 2020, telah tercapai Rp 22,7 miliar. Kemudian kredit di capem, di mana kredit konsumtif rencana kerja Rp 184,7 miliar tercpai Rp 190,9 miliar atau 103,3 persen. Kredit produktif hinga Desember 2020, Rp 47,4 miliar. Kemudian fee base income dari rencana kerja Rp 268,6 juta, tercapai Rp 309,5 juta atau 115,2 persen.

Bopo  dari rencana kerja 88,63 persen, tercpai 87,77 persen. sedangkan NPL dari rencana kerja 1,64 persen, berhasil ditekan 0,58 persen atau ada penurunan NPL 1,06 persen. Bross income dari rencana kerja Rp 10,059 miliar tercapai Rp 12,364 miliar atau 122,9 persen.“Kami di Amlapura, kredit justru yang paling banyak mendukung di sini adalah kredit konsumtif. Kami ada PKS khususnya dengan aparatur daerah. Terlepas dari PNS yang memang gajinya sudah ada di BPD Bali,” jelasnya, Rabu (30/12/2020).

 

Pencapaian kredit yang optimal, kata dia, karena setiap bulan melakukan evaluasi kinerja. Setiap analis dengan targetnya masing-masing, yang mana selain prospek yang dikembangkan di unit Amlapura ini memang kebanyakan kredit low risk. “Motivasi sudah tentu, setiap dua minggu kami biasa mengadakan pertemuan. Dan jika ada kurang, tentu akan dicari jawaban mengapa tidak bisa tercapai,” jelasnya.

Sehingga evaluasi di bulan-bulan berikutnya, dan mendapatkan masukan dari pihak managemen. “Karena setiap bulan kami mengadakan rapat evaluasi bulanan, baik di tingkat cabang dulu lalu di tingkat pusat,” sebutnya. Untuk kredit produktif, pihaknya masih berusaha. Selain kredit KUR, juga telah dilakukan di lapangan. Namun karena kondisi pandemi seluruh bank tentu mengalami kesulitan.

Ia mengapresiasi karena adanya dukungan cabang, terkait pencapaian di Bank BPD Bali Kantor Capem Amlapura. “Kepala cabang serta wakil  sering memberikan masukan, kemudian aturan-aturan ataupun lewat WA grup. Sekarang pandemi kan susah nih ketemu langsung, jadi dari WA grup kita harus lebih sigap dan mantap memberikan gambaran arahan yang harus dikerjakan dan difokuskan,” katanya.

Serta memberikan saran terbaik, seperti apa seharusnya di lapangan. Harapan di 2021, tidak muluk-muluk adalah harus menjaga kekompakan. “Apa yang sudah dicanangkan dari pihak managemen, mari dilakukan dengan baik. Dan memberikan gambaran baru terhadap unit kita, mengembangkan lembaga BPD Bali,” tegasnya. Sebab memang beberapa kinerja masih perlu effort yang besar.

Diantaranya dana pihak ketiga (DPK) yang masih posisi kuning. Ia berharap agar segera posisi hijau. “Karena DPK di kondisi sekarang memang agak sulit, tetapi kami tetap berusaha semaksimal mungkin di managemen. Deposito paling menonjol hampir tercapai 100 persen. Tabungan masih kuning, giro masih agak merah sedikit,” jelasnya.

Untuk laba sudah tercapai, aset juga, feebased juga sudah. “Jadi rata-rata sudah tercapai semuanya. Mudah-mudahan nanti ke depan untuk strategi 2021, kami berusaha semakimal mungkin,” katanya. Harapannya pandemi Covid-19 bisa hilang, dan memberikan perubahan baru khususnya di  Karangasem. Lanjutnya, sektor UMKM sangat penting sehingga managemen berharap bisa berfokus ke sana. Untuk pertumbuhan ekonomi Karangasem ke depannya.

Ia berterimakasih kepada semkepada semua staf, atas prestasi dan kinerja yang diraih. Intinya, kata dia, teamwork harus solid dan kekompakan. “Saya berharap banyak kepada teman-teman khususnya di Amlapura, mudah-mudahan 2021 bisa terus meningkatkan kinerja dan menjaga kekompakan,” imbuhnya. 

Wakil Bank BPD Bali Cabang Karangasem, I Made Adnyana, mengapresiasi apa yang telah dicapai Bank BPD Bali Kantor Capem Amlapura. “Kami secara pribadi mengucapkan terimakasih atas pencapaian di tengah kondisi pandemi saat ini,” katanya. Dari segi kinerja, harapannya bisa ditingkatkan kembali. Yang sudah dipertahankan, dan terus ditingkatkan.

“Namun pencapaian atas kinerja di 2020 ini, kami mengapresiasi dan mengucapkan banyak terimakasih kepada capem Amlapura dan tim, semoga ke depan semakin solid dan bisa berkontribusi terkait pencapaian cabang secara konsolidasi,” tegasnya. Ia berharap ke depan, bisa memotivasi teman capem lainnya, jika dari segi kinerja belum tercapai. (yes)


TAGS :

Komentar