Kinerja Membaik, LPD Jumpai Tingkatkan Dana Duka Menjadi Rp 1 Juta

  • 19 Oktober 2020 00:00 WITA

 


Semarapura, balibanknews.com

Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Adat Jumpai memberikan dana duka pada Krama sebesar Rp 1 juta yang diserahkan Senin (19/10). Hal ini sebagai ungkapan turut berbelasungkawa kepada Krama yang mengalami kedukaan. Pemucuk LPD Adat Jumpai, I Nengah Susarma mengungkapkan bahwa program ini dimulai dari tahun 2010.

"Program ini sudah berjalan semala 11 tahun. Dimana pada awalnya kita berikan dana duka pada Krama Jumpai Rp 200 ribu. Namun saat ini kami menaikkan dana duka kepada Krama," katanya.M

MenurutSusarma, LPD Jumpai meningkatkan dana belasungkawa kepada Krama karena pertumbuhan kinerja lembaga milik adat ini. Dari Rp 200 ribu, pada tahun 2014 ditingkatkan menjadi Rp 300 ribu. Selanjutnya, karena perkembangan LPD semakin bagus di tahun 2017 dinaikkan lagi menjadi Rp 500 ribu.W

Waktudemi waktu, kinerja LPD semakin menunjukkan tren positif dengan pertumbuhan yang menggembirakan. Sehingga dana duka kepada Krama kembali dinaikkan pada 2018 menjadi Rp 1 juta hingga saat ini.

Dikatakan Susarma, program tersebut merupakan bentuk kepedulian LPD dan ungkapan belasungkawa LPD pada Krama Jumpai atas keluarga yang ditinggalkan.  "Semoga dengan dana duka tersebut dapat meringakan beban Krama," harap Susarma.

Lebih lanjut dia mengatakan, terkait dampak wabah Covid-19, LPD Adat Jumpai telah melakukan langkah relaksasi khususnya dari sisi kredit tanpa kena denda cukup bayar bunga sampai 6 bulan.

"Di Jumpai masyarakat kita sangat merasakan dampak dari pandemi ini karena 50% masyarakat bermata pencaharian bergerak di pariwisata. Khususnya supir serta guide. Dan ini kita langsung berikan relaksasi," bebernya.i

Hingga bulan September 2020 aset LPD Jumpai tercatat Rp 22 miliar dengan target Rp 24 miliar. Sedangkan laba LPD September sebesar Rp 460 juta dengan target Rp 850 juta hingga akhir tahun. "Kita optimis dengan dukungan masyarakat Jumpai laba bisa tembus Rp 600 juta," terang Susarma. 

Bendesa Adat Jumpai, I Wayan Marpa S.E, sangat mengapresiasi atas kebijakan LPD Adat Jumpai yang sudah memberikan keringanan dan juga relaksasi kredit kepada Krama. Ia berharap di masa pandemi ini masyarakat bisa lebih berhemat serta yang lebih penting tetap memberikan kepercayaan penuh pada LPD dalam pengelolaan dananya.

"Selaku bendesa adat kami akan tetap mendukung penuh setiap kebijakan yang LPD lakukan demi membantu masyarakat. Kita juga sangat bersyukur dengan adanya dana duka dari LPD yang diberikan ke masyarakat Jumpai yang meninggal dunia. Jangan dilihat nilainya tetapi bagaimana bentuk kepedulian dan rasa memiliki LPD. Semoga wabah Covid-19 cepat berlalu pungkasnya.( Yes)


TAGS :

Komentar