LPD Adat Pohgading Tunjukkan Kinerja Positif dengan Pencapaian Laba Rp 2,3 Miliar 

  • 31 Agustus 2020 16:00 WITA

 

 


Denpasar, balibanknews.com

Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Adat Pohgading Denpasar ditengah pandemi Covid-19 mencatatkan perolehan laba yang cukup positif. Pasalnya per Agustus 2020, laba yang dibukukan mencapai Rp 2,3 miliar dengan target hingga akhir tahun sebesar Rp 4,4 miliar. 


Begitupun aset LPD Adat Pohgading tercatat Rp 146,3 miliar dari target akhir tahun Rp 150 miliar. Hal ini menunjukkan, meskipun pandemi global mulai merebak pada tahun 2020 ini, kinerja LPD masih menunjukkan tren positif. 


 I  Nyoman Sudana, A,Md selaku Pemucuk LPD Adat Pohgading mengatakan, dengan dukungan 12 banjar adat LPD dapat meningkatkan pencapaian kinerja pada masa sulit seperti sekarang ini. Seperti diketahui, sejak virus Corona (Covid-19) menyebar di Bali mempengaruhi perekonomian masyarakat yang bekerja di sektor pariwisata. 


Sebagai wujud kepedulian terhadap beban masyarakat yang mengalami kesusahan ekonomi karena lapangan pekerjaannya terdampak langsung Covid-19, LPD Adat Pohgading menyalurkan sembako gratis pada Krama Pohgading pada April 2020 lalu. "Kami berikan sembako untuk warga yang terdampak wabah Covid-19 senilai Rp 110 ribu kepada 951 kepala keluarga dengan total Rp 102 juta," ungkap Sudana. 


Selain itu, kata dia LPD Pohgading  juga memberikan dana duka kepada setiap masyarakat/Krama Pohgading yang mengalami kedukaan atau meninggal dunia senilainya Rp 1 juta. "Nanti kita juga akan melaksanakan Metatah/potong gigi massal yang kedua kalinya. Dimana pada Metatah pertama sudah kita laksanakan pada tahun 2017 dengan sumber dana dari LPD semunya," jelasnya.


Pada tahun 2020 ini direncanakan kembali menggelar Metetah massal kepada Krama Pohgading. "Tapi karena ada wabah Covid-19 kita undur sampai wabah Covid-19 berlalu yang jelas kita akan pasti laksanakan sesuai dengan komitmen kita di LPD," ucap Sudana. 


LPD Pohgading saat ini masih memberikan kepercayaan penuh pada dana likuiditas di BPD Bali. Mengingat setiap kegiatan yang dilakukan LPD, BPD Bali banyak memberikan dukungan berupa hadiah. "Kami dibantu BPD Bali baik di Capem Monang Maning dan juga Ubung. Hingga Agustus total dana yang di tempat di BPD senilai Rp 20 miliar lebih. Setiap ada setoran selalu dijemput baik itu setoran dan juga penarikan dana," imbuhnya.


I Gusti Ngurah Ketut Suparta, SE, M.Si, selalu Bendesa Adat Pohgading sangat  mengapresiasi kinerja LPD Adat Pohgading yang mampu meningkatkan kualitas aset dan juga laba ditengah pandemi Covid-19. Apalagi hingga Agustus ini laba dan aset tercatat cukup baik. "Selaku bendesa atas nama masyarakat Pohgading  mengucapkan terimakasih atas kerja keras pimpinan dan juga karyawan LPD yang sudah bisa bahu membahu menunjukkan kinerja yang luar biasa," katanya. [Yes]


TAGS :

Komentar