Anggota DPRD Gianyar Made Budiasa Berkebun Ditengah Pandemi Covid-19

  • 26 Juni 2020 16:00 WITA
-

Gianyar, Balibanknews-

Ditengah kesibukan sebagai anggota DPRD Gianyar dari Fraksi PDIP, Ir. I Made Budiasa, M.Si menyempatkan diri untuk bercocok tanam. Ia memanfaatkan lahan yang ada di belakang pekarangan rumahnya untuk menanam aneka kebutuhan sehari-hari. Kepada Balibanknews, Sabtu (27/6/2020) Budiasa mengungkapkan, hasil dari tanaman yang ada di area rumahnya ini akan dikonsumsi untuk menjaga imunitas tubuh. 


Anggota DPRD Dapil Ubud tersebut memiliki inisiatif menggunakan lahan ini bertepatan peringatan Bulan Bung Karno di masa pandemi Covid-19. "Meskipun saya memiliki berbagai kesibukan sebagai wakil rakyat tetapi tidak menyurutkan minat saya dalam memanfaatkan lahan di rumah," terangnya. 


Ia yang juga Ketua Badan Pembentuk Peraturan Daerah Kabupaten Gianyar adalah perajin kayu dan pengusaha kerajinan kayu. Dimana karya-karnyanya berupa patung yang kini disimpan di Galeri Taksu Bali. Selain itu, karya kerajinan kayu Budiasa sudah banyak dikoleksi di hotel, museum bahkan para pejabat hingga presiden. 


Dia menyebutkan, sejumlah tanaman yang ditanam di belakang rumahnya diantaranya cabai rawit, cabai besar, tomat, terong, ketela pohon, ketela rambat, pisang, jagung, bunga dan sayur-sayuran serta memelihara lele juga tanaman herbal. "Tidak lama lagi perlu waktu sekitar 2 sampai 3 minggu akan panen lele dan buah," ujar Budiasa. 


Ia menuturkan, kegiatan berkebun saat ini dilakukan untuk mengisi waktu libur. Apalagi, kondisi penyebaran Covid-19 sekarang ini yang mengharuskan masyarakat lebih banyak berada di rumah sehingga muncullah ide untuk berkebun di area rumah. "Kami mengisi waktu di rumah saat masa pandemi ini dengan menanam tumpang sari, yang tumbuh subur serta bunga untuk keperluan sembahyang. Semuanya ditanam secara organik, sehingga menguntungkan untuk kesehatan," ucapnya. 


Ia bersyukur ditengah situasi ini bisa melakukan kegiatan positif yaitu berkebun yang bisa meningkatkan imun tubuh. "Tanaman-tanaman ini bagus sekali untuk kesehatan," tutupnya. (Yes)


TAGS :

Komentar