Berkontribusi Ringankan Beban Krama, LPD Abiantuwung Bersama Desa Adat Bagikan 1.450 Sembako 

  • 24 Mei 2020 00:00 WITA
-

Tabanan, BaliBanknews-
Sinergi empat lembaga bersatu dalam memberikan perhatian pada Krama/warga ditengah Covid-19. Dalam hal ini Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Adat Abiantuwung bersama Desa Adat Abiantuwung bersatu bersama anggota DPRD dari PDIP yang berada di Kabupaten Tabanan membagikan 1.450 paket sembako. Kegiatan sosial ini dilakukan secara bertahap mulai dari Senin 18/24 Mei 2020. 


I Wayan Sadarana, Pemucuk LPD Abiantuwung saat dikonfirmasi Minggu  (24/5) mengungkapkan, LPD Desa Adat Abiantuwung ikut ambil bagian dalam upaya meringankan beban Krama dalam  membantu dampak pandemi Covid-19.


Dikatakannya, LPD bersinergi dengan empat komponen untuk memberikan manfaat kepada Krama Abiantuwung dengan dana yang berasal dari LPD Sebesar Rp 20 Juta kemudian  Desa Adat Rp 36,5 juta.  Sedangkan dari anggota DPRD fraksi PDIP yakni A.A, Sagung Ani Ariani, ST, M M, sebesar Rp 28 juta serta komunitas Abiantuwung Peduli sebesar Rp 10 juta. "Kami ikut andil berkontribusi kepada masyarakat yang terkena dampak wabah Covid-19, walau hanya sekadar demi meringankan beban masyarakat," terangnya.


Kata dia, paket sembako yang diberikan secara bertahap yang dilakukan ke setiap banjar adat. Dimana setiap paket sembako yang terdiri dari beras, 5 Kg, mie instan, minyak goreng serta telur. Beras yang disalurkan memakai beras petani  Abiantuwung dengan sistem swakelola. Sehingga harganya pun lebih murah. 


Nilai per paket sembako Rp 90 ribu lebih yang sudah dibagikan secara bergilir ke setiap banjar adat di Desa adat Abiantuwung. "Paket sembako yang telah kami bagikan dari tanggal 18 sampai 24  Mei 2020 secara bergilir di 4 banjar adat serta 13 banjar suka duka," jelas Sadarana.


Ia menambahkan, dana yang digunakan untuk pembelian paket sembako berasal dari sinergi empat lembaga tersebut. "Dan ada kekurangan, kita LPD Abiantuwung yang menyokong dananya sebesar Rp 36 juta merupakan hasil usaha LPD. Hal ini dalam membantu Krama memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari ditengah ancaman Covid-19. Aset hingga saat ini berkat dukungan Krama Abiantuwung aset terus meningkat hingga mencapai Rp 19 miliar," ucapnya. 


Sementara itu Jro Bendesa Adat Abiantuwung, I Gusti Made S.T, sekaligus Ketua Panureksa LPD pun sangat bangga  dan mengapresiasi atas sinergi empat lembaga adat terutama dukungan dari salah satu anggota DPRD fraksi PDIP kabupaten Tabanan yang juga berasal dari dukungan Abiantuwung bersatu, A A, Sagung Ani Ariani. "Yang bersangkutan sudah bisa membantu Krama di Desa Adat Abiantuwung dan ini juga dalam upaya  memberikan dukungan terhadap upaya LPD dalam memberikan kontribusi kepada Krama yang mengalami kesulitan ekonomi karena dampak penyebaran Covid-19," jelasnya. 


Ia mewakli seluruh masyarakat Abiantuwung mengucapkan terima kasih atas kontribusi atas paket sembako. Semoga wabah ini segera berakhir sehingga Krama dapat bekerja kembali seperti semula sebelum pandemi ini muncul. "Dengan demikian Krama dapat meningkatkan perekonomian keluarga, desa adat dan Bali umumnya," harapnya.


Di sisi lain, A.A, Sagung Ani Ariani, S T, M,M, selaku anggota DPRD dari fraksi PDIP kabupaten Tabanan menyampaikan bahwa program kepedulian ini merupakan bentuk komitmennya selaku anggota dewan. Dimana akan selalu memberikan kepedulian, semoga dengan adanya sinergi dengan pembagian paket sembako ini dapat meringankan beban masyarakat Abiantuwung. "Ke depannya kita akan terus berkontribusi ke masyarakat karena ini merupakan tanggungjawab kita selaku anggota dewan. Semoga wabah Covid-19 cepat berakhir," pungkasnya.(Yess)


TAGS :

Komentar