LPD Sembung Gede Gelar LPJ, Aset Meningkat

  • 25 Februari 2020 00:00 WITA

Tabanan, BaliBanknews -
Keberhasilan sebuah lembaga adat seperti LPD terletak pada begaimana peran serta dan kepercyaan krama dalam memanfatakan program program unggulan yang ada di lembaga Adat. Seperti halnya LPD Desa adat Sembung Gede, Kecamatan Kerambitan di 2019 aset tumbuh postif yakni mencapai Rp 6,4 miliar dan laba Rp 188,8 juta.

Pumucuk LPD Sembung Gede, Ni Putu Sudarmini,SH., mengungkapkan bahwa jika dibandingkan laba di tahun 2018  Rp 175 juta dan tahun 2019 meningkat menjadi Rp 188,8 juta. Dana pembangunan yang diserahkan ke desa adat mencapai Rp 37 juta.

"Dana tersebut sepenuhnya dikelola di desa adat. Selain LPD juga setiap tahun memberikan dana motivasi pada sekaa teruna-teruni di 3 Banjar serta setiap piodalan mepunia di Pura Kahyangan Tiga," ucapnya.

Lebih lanjut Sudarmini mengungkapkan, dari segi pertumbuhan aset LPD tahun 2018 aset Rp 5,7 miliar sedangkan tahun 2019 meningkat mencapai Rp 6,3 miliar miningkat 13% seiring dengan kepercyaan masyarakat yang terus meningkat maka akan memberikan perhatian lebih pada desa adat maupun masyarakat Sembung Gede.

"Kita berharap dukungan seluruh Krama Sembung Gede memanfaatkan produk-produk unggulan di LPD. Sehingga nantinya dengan aset dan laba meningkat maka kontribusi  akan semakin meningkat ke Desa adat setiap tahunya," ucapnya.

Sementara itu, I Made Supardi, selaku Bendesa Adat Sembung Gede sangat  mengapresiasi positip atas pelaksanaan LPJ tahun Buku 2019. Apalagi dana pembangunan yang diterima setiap tahun meningkat.

"Ini semua berkat kerja keras para pengurus, karyawan-karyawati serta pengawas LPD dan terpenting partisipasi krama," ucapnya.

Koordinator LPLPD Kabupaten Tabanan, I Dewa Nyoman Alit Astina, menambahkan pihaknya menyambut baik kegiatan LPJ yang sudah bisa dilaksankan.

"Ini juga telah sesuai dengan Perda LPD Tahun 2017 serta Pergub  dimana  setiap LPD wajib melaksankan Laporan pertanggung jawaban pengurus LPd paling lambat bulan Maret setiap tahunan," ujarnya.

Diakuinya, LPD Sembung Gede berkatagori sehat dan dari peringkat dari 27 LPD yang ada LPD Sembung Gede masuk peringkat 10 Besar sedangkan di kabupaten Tabanan masuk peringkat 73 dari 307 LPD yang ada tentunya ini merupakan pencapaian positif.

Astina berharap kepada LPD Sembung Gede agar bisa tetap mempertahankan Kinerja yang sudah baik ini sehingga pelaksanaan LPJ tepat waktu akan berimbas terhadap kepercyaan masyarakat semakin meningkat pungkasnya.( Yes)


TAGS :

Komentar