LPD Kayubihi Berikan Kontribusi Nyata ke Krama

  • 22 Mei 2019 08:01 WITA
Bangli, BaliBanknews-
 
LPD Kayubihi yang berada di Kecamatan Bangli telah bisa mengambil peran strategis di Desa Adat dengan memberikan dana tali kasih serta penyiapan mobil ambulan kepada setiap krama Kayubihi yang meninggal dunia.
 
Pemucuk LPD Kayubihi, I Nyoman Jatiawan, ketika di temui BaliBanknews beberapa waktu lalu, menyampaikan, bahwa pemberian dana tali kasih serta mobil oprasional ambulan ini sebesar Rp 300.000 dan khusus dana talikasih meninggal dunia diberikan dalam bentuk buku tabungan, yang mana pemanfaatan dana tersebut dipakai pada saat ada upacaranya ngaben masal. Dimana dilaksankan oleh Desa Adat setiap 5 tahun sekali, sehingga dana tersebut sebagai rangsangan LPD kepada masyarakat. Dana talikasih yang diberikan dalam bentuk buku tabungan sebagi saldo awal sebesar Rp 150.000. "Nanti pemanfaatannya dipergunakan saat ngaben masal, sehingga bisa menyisihkan sedikit biaya untuk ngaben nanti setiap 5 tahun sekali,"ujarnya.
 
Jatiawan menambahkan, disamping itu pula, pihaknya juga memberikan kontribusi dana untuk setiap masing - masing banjar, sebanyak 8 Banjar dimana perbanjar Rp 600.000 setiap tahunnya. Ini sebagai bentuk perhatian LPD, kita juga memberikan perhatian khusus kepada para pengayah di Desa Adat dalam bentuk (JKLM) Jaminan Kesehatan Lata Mahasadi. Ini berfungsi untuk dipakai untuk berobat jika sakit terhadap para Prajuru, Pemangku serta Peduluan di Desa Adat yang sudah ngayah di Pura Khayangan Tiga.
 
"Setiap berobat kita berikan Rp 35.000 dengan bekerja sama dengan petugas kesehatan yang ada dilingkungan Desa Adat Kayubihi,"ungkapnya.
 
Dalam waktu satu tahun, LPD memberikan manfaat ke masyarakat Kayubihi sebesar Rp 20 juta, yang diberikan langsung ke masyarakat.
 
Untuk dana pembangunan di tahun 2018 LPD telah bisa berkontribusi sebesar Rp 235 juta, digunakan untuk pembangunan di Pura Pausa di Desa Adat Kayubihi. Hingga saat ini aset LPD, hingga April 2019 Rp 17,4 miliar, meningakat sebesar 15 persen dari tahun lalu. Kedepanya dirinya berharap, partisipasi dan kepercayaan yang sudah masyarakat berikan pada lembaga adat ini, dapat terus lebih ditingkatkan.(Yes).
 

TAGS :

Komentar