Tiongkok Kembali "Nomor Satu"

  • 19 Juni 2018 12:40 WITA
balibanknews.com
 
Denpasar, balibanknews-
 
Setelah sempat menurun akibat erupsi Gunung Agung, kunjungan wisatawan Tiongkok ke Bali kembali menggeliat. Jumlah wisatawan Tiongkok yang berkunjung ke Bali mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Hingga April Tiongkok mampu bertengger di posisi pertama untuk wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali.  “Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Bali sebanyak 23,58 persen wisatawan yang berkunjung ke Bali berasal dari Tiongkok. Kemudian disusul Australia sebanyak 17,16 persen, India sebanyak 6,03 persen, Inggris sebanyak 4,17 persen, dan Amerika Serikat sebanyak 4, 12 persen,”ujar Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali Adi Nugroho belum lama ini.
 
Ia menambahkan, secara umum kedatangan wisatawan mancanegara ke Provinsi Bali pada bulan April 2018 jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya tercatat mencapai 516.777 atau naik sebesar 4,89 persen. Bila dibandingkan dengan bulan April 2018 tahun sebelumnya jumlah kedatangan wisatawan mancanegara yang datang ke Bali tercatat mengalami tercatat mengalami peningkatan sebesar 8,23 persen.
 
Kedatangan wisatawan mancanegara ke Bali tentu juga membawa pengaruh baik terhadap persewaan akomodasi. Jika dikaitkan dengan tingkat penghunian kamar hotel berbintang bulan April 2018 tercatat mencapai 63,53 persen.“Angka ini naik 2,34 poin dibandingkan TPK bulan sebelumnya. Rata – rata lama menginap wisatawan pada hotel berbintang di Bali pada bulan April 2018 tercatat mencapai 2,98 hari,”ujarnya.
 
Sementara itu berdasarkan pantauan BaliBank saat libur Idulfitri ini terlihat wisatawan domestik yang mengunjungi Bali mengalami peningkatan yang signifikan. Di sejumlah objek wisata yang ada nampak wisatawan domestik begitu dominan. [CAN]

TAGS :

Komentar